Pengenalan Web Service


Web service merupakan suatu perangkat lunak yang di rancang untuk mendukung interaksi antar mesin pada suatu jariangan dengan menggunakan XML sebagai format pengiriman pesannya.
Penjelasanaya….!!
Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler.
Beberapa alasan mengapa digunakannya web service  adalah sebagai berikut:
1.   Web service dapat digunakan untuk mentransformasikan satu atau beberapa bisnis logic atau class dan objek yang terpisah dalam satu ruang lingkup yang menjadi satu, sehingga tingkat keamanan dapat ditangani dengan baik.
2.   Web service memiliki kemudahan dalam proses deployment-nya, karena tidak memerlukan registrasi khusus ke dalam suatu sistem operasi. Web service cukup di-upload ke web server dan siap diakses oleh pihak-pihak yang telah diberikan otorisasi.
3.   Web service berjalan di port  80 yang merupakan protokol standar HTTP, dengan demikian web service tidak memerlukan konfigurasi khusus di sisi firewall.
 Arsitektur Web Service
Web service memiliki tiga entitas dalam arsitekturnya, yaitu:
1.   Service Requester (peminta layanan)
2.   Service Provider (penyedia layanan)
4.   Service Registry (daftar layanan)
ade-technoit91.blogspot.com
·         Service Provider: Berfungsi untuk menyediakan layanan/service dan mengolah sebuah registry agar layanan-layanan tersebut dapat tersedia.
·         Service Registry: Berfungsi sebagai lokasi central yang mendeskripsikan semua layanan/service yang telah di-register.
·         Service Requestor: Peminta layanan yang mencari dan menemukan layanan yang dibutuhkan serta menggunakan layanan tersebut.
    Ada beberapa keuntungan menggunakan Web Service :
  •              Mudah di mengerti dan mudah mendebug.
  •        Dukungan interface yang stabil
  •              Format penggunaan terbuka untuk semua flatform.
  •        Mudah untuk menangani pesan-pesan proses dan menambahkan nilai.
  •        Mudah utuk mengembangkan dengan semantic transport tambahan.
  •        Tidak mahal untuk di elementasikan.
  •       Mengurangi biaya integrasi aplikasi enterprice.




1 komentar:

  1. Salam untuk kalian para member setia S1288poker, bagi kalian yang ingin bergabung bersama kami di S1288poker kalian bisa langsung saja mendaftarkan diri kalian disini dan ajak teman kalian untuk bermaian di S1288poker,com dapat kan bonus juga bonus freechips setiap hari nya.
    Cukup dengan deposit Rp. 10.000,- saja kalian sudah dapat bergabung bersama kami dan nantikan bonus-bonus menarik dari kami dan juga permainan seru lainnya hanya di s1288poker Agen judi poker terbaik dan terpercaya. (WA : 08122221680)

    BalasHapus